Wednesday, May 2, 2018

Review: I Can See Your Voice: Penyanyi Asli atau Palsu, Bisakah Dibedakan?


gambar dari sini

Acara variety show asal Korea Selatan sungguh kesukaan saya. Mungkin sudah banyak yang familiar dengan Running Man, Infinity Challenge atau Weekly Idol. Ketiganya sudah cukup lama tayang dan memiliki banyak penggemar berat, tidak hanya di Korea namun secara internasional. Namun kali ini bukan tiga acara tersebut yang mau saya ceritakan, tapi satu acara yang tahun ini sudah memasuki musim kelima, I Can See Your Voice (ICSYV)

Sebagai penggemar berat musik Korea, acara-acara yang berhubungan dengan musik tentu favorit saya. Salah satu kegemaran saya menonton Immortal Songs atau King of Masked Singers, dimana penyanyi asli tampil membawakan lagu dengan jenis musik yang berbeda dari genre asli mereka. Acara reality show pencarian bakat seperti Produce 101, The Unit, Superstar K, the Voice of Korea atau Unpretty Rapstar juga menarik minat saya. Namun, kesemua acara tersebut sungguh kental nuansa musikalitasnya, sehingga ICSYV membawa sensasi yang berbeda.

Memiliki tiga host, dua di antaranya berbakat komedian, tidak heran apabila ICSYV kental dengan nuansa komedi. Yoon Se Yeon adalah komedian berbakat Korea, sementara Leeteuk walaupun berprofesi sebagai penyanyi, namun terkenal sebagai pembawa acara teve yang lucu. Host ketiga, Kim Jong Kook, adalah penyanyi solo dengan suara indah dan kepribadian yang khas. Harmoni ketiganya berpadu dengan panelis yang disebut tone-deaf detective team, berpadu menciptakan acara yang sangat menghibur.

Tujuan dari acara ini adalah mengenali mereka yang tidak dapat menyanyi (memiliki suara sumbang-tone deaf), mengeliminasinya seawal mungkin agar di akhir acara, hanya penyanyi yang memiliki suara yang benar-benar merdu yang bertahan. Penyanyi ini nantinya akan berduet dengan bintang tamu yang datang ke acara ini. Tugas bintang tamu, dengan arahan mc dan panelis (walaupun terkadang menyesatkan), adalah menentukan siapa yang tereliminasi dan bertahan. Terdapat tujuh peserta dalam setiap acara yang harus dikenali bintang tamu. Penyanyi yang memiliki nada sumbang bisa satu, bisa lima, tidak terduga. Momen menebak-nebak ini menambah keseruan acara.

Acara dibagi dalam beberapa tahap berikut:

Sesi 1 - Dua profil yang membingungkan


Terlihat pada gambar di atas, profil yang diberikan oleh acara ini. Akan terdapat dua profil pada setiap peserta. Profil pertama, sebelah kiri: apabila ia penyanyi yang memang memiliki suara merdu, ia aslinya adalah seorang Miss Korea. Profile kedua, sebelah kanan: apabila ia memiliki suara sumbang, ia sebenarnya seorang penari perut. Bintang tamu harus menebak kira-kira profil mana yang cocok dengan penampilan peserta. Hanya berbekal dari profil ini.

Sesi 2 - Lipsync dengan lagu yang sama


Melalui satu lagu, peserta di panggung (sebelah kiri) akan adu lipsync dengan peserta yang berbeda di layar (sebelah kanan). Bintang tamu harus mengira-ngira, peserta mana yang memiliki suara tersebut? apakah peserta yang hadir atau peserta di layar? Apabila peserta yang hadir terlihat lebih sesuai, berarti ia adalah penyanyi asli. Apabila nampaknya penyanyi di  layar lebih sesuai dan menghayati, maka peserta yang hadir adalah penyanyi palsu.

Sesi 3 - Pembelaan dari panelis




Para panelis akan melakukan pembelaan terhadap peserta yang tersisa. Mirip seperti keadaan di pengadilan, bintang tamu boleh menanyakan satu pertanyaan dan panelis akan memberikan jawaban. Bintang tamu harus benar-benar menganalisis jawaban yang diberikan panelis. karena mereka bisa saja berbohong. Atau sebaliknya, berbicara benar namun tidak nampak meyakinkan.

Sesi 4 - Tersisa dua peserta




Di sesi terakhir ini, hanya akan tersisa dua peserta yang harus dipilih bintang tamu. Peserta terakhir yang dipilih akan duet bersama bintang tamu. Apabila peserta yang terpilih benar memiliki suara merdu, ia akan mendapatkan kontrak rekaman untuk mengeluarkan album. Apabila sebaliknya, peserta akan mendapatkan hadiah uang.

Sesi yang tak kalah seru sekaligus mendebarkan adalah STAGE OF TRUTH, dimana peserta yang tereliminasi akan naik ke atas panggung dan menunjukkan talentanya.


Bintang tamu dan panelis serta MC bisa terkejut apabila ternyata mereka salah memilih peserta yang tereliminasi seperti di atas,



Atau bernapas lega karena memang benar yang terpilih si tone-deaf hahahah

Kemudian, moment of truth terakhir juga mendebarkan...
Saat-saat bintang tamu akhirnya berduet dengan peserta pilihan mereka.


APAKAH HAPPY ENDING 😍😍😍😍


ATAUKAH TRAGIS 😂😂😂😂😂🤣🤣🤣

Tertarik menonton? Bisa cek di sini atau sini untuk nonton yang sudah ada sub-nya dan siap2 tertawa terpingkal-pingkal atau terpesona luar biasa.

***

tulisan ini dibuat berdasarkan 30 hari prompt menulis blog oleh twitter KEB dari sini.
prompt #2 review buku/film/apapun

0 comments:

Post a Comment